1.
Interactive Entertainment ialah sebuah interaktif
yang bertujuan dalam membuat sebuah produksi dan memberikan layanan yang
bersifat menghibur (entertainment) kepada pengguna sehingga mereka dapat
langsung merespon dengan cara memberikan umpan balik.
Konsep dari Interactive Entertainment ialah memberikan informasi
informasi berupa kombinasi dati teks, gambar, gambar bergerak (animasi), video
yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang
telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah
berinteraktif dengan informasi informasi tersebut.
2.
Interactive programming adalah prosedur penulisan
bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program
sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi
interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk
digunakan sesudahnya. Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive
programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah
program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk
memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara
user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program
tersebut.
3.
Fungsi-fungsi GUI
dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa
fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
·
Pointing device
dengan perangkat berupa mouse
·
Memiliki fungsi
sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan
uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
·
Membuat
software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat
digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet.
sound, graphic dan lain-lain
·
Untuk digunakan dalam
pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
·
Pembuatan website
·
Opensource
software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4.
Komponen-komponen GUI
Komponen
GUI mewarisi kelas JComponent, antara lain:
Tombol:
JButton, JCheckBox, JRadioButton, JMenuItem
Combo
box: Jcombobox
Label:
JLabel
List:
JList
Menu:
JMenu, J MenuItem
Tabel
: JTabel
Text
Field:JTextField
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
5.
Kejadian yang
muncul ketika user berinteraksi dengan aplikasi disebut dengan event. Tanpa
adanya event, GUI tidak dapat berjalan. Terdapat beberapa macam event pada GUI
(Graphical User Interface), antara lain :
*)
Event Source
Komponen
GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa
komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field, etc.
*)
Event Model
Interaksi
antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon
interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event
listener / Handler.
*) Event Listener
Objek
penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung
business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan
komputasi matematis, dan lain sebagainya.
*) Event
Object
Objek
yang terbentuk saat terjadi event
Yaitu
ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di
text field, dll.
Mengandung
semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event
yang muncul, asal dari event tersebut.
Direpresentasikan
oleh class Event.
*) Event Handler
Event
Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya
setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan,
event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian
Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event
Handler.
6.
Definisi mengenai
event dalam konsep struktur interactive program yaitu kejadian yang
terjadi atas interaksi dari komputer dengan manusia. Mengenai event dari
standard programming dengan interactive programming memiliki perbedaan dimana
pada interactive programming, dalam menyelesaikan masalah yang perlu penambahan
algoritma, program dapat terus dijalankan tanpa harus dihentikan selama
penulisan ulang dari program, berbeda dengan standard programming.
Tabel
Kinerja
NPM
|
NAMA
|
KINERJA
|
51410400
|
BHISMA
ROBY ILHAM
|
Mengerjakan
no. 1, 2 dan mencari informasi dan referensi melalui media internet
|
53410460
|
IMAM
MAULANA
|
Mengerjakan
no. 3, 4 dan mencari informasi dan referensi melalui media internet
|
55410497
|
RACHMANDANI
ARDIYANTO
|
Mengerjakan
no. 5, 6 dan mencari informasi dan referensi melalui media internet
|
No comments:
Post a Comment