Pages

Monday, November 19, 2012

Perkembangan Simulasi dalam bidang Entertainment

Sebelum kita membahas tentang perkembangan simulasi, ada baiknya kita ulang arti simulasi dari post saya sebelumnya:
Simulasi adalah suatu prosedur kuantitatif, yang menggambarkan sebuah sistem, dengan mengembangkan sebuah model dari sistem tersebut dan melakukan sederetan ujicoba untuk memperkirakan perilaku sistem pada kurun waktu tertentu.
Simulasi dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti teknologi, keamanan, edukasi, dan percobaan. Simulasi seperti simulasi penerbangan dan simulasi penyelaman laut digunakan agar orang yang melakukan simulasi dapat "merasakan".

Simulasi lebih sering digunakan untuk melatih tentara. Biasa dilakukan ketika percobaan di dunia nyata terlalu mahal atau terlalu bahaya untuk dilakukan, karena mereka menggunakan perlengkapan yang berbahaya. Simulasi memberikan solusi yang aman untuk memberikan pengalaman yang nyata.

Dalam tulisan berikutnya saya akan memberikan pengertian dan contoh dari Perkembangan Simulasi dalam bidang Entertainment.

Semua simulasi di bidang entertainment berasal dari simulasi militer. Wahana-wahana di tempat rekreasi dan video game, grafis 3D di film-film semua berakar dari simulasi yang tadinya ditujukan untuk kebutuhan militer.

FILM


Animasi yang dibuat oleh komputer merupakan salah satu penerapan bidang komputer grafis 3D untuk special effects. Teknologi ini digunakan karena kualitasnya tinggi, terkontrol, dan membuat kita bisa menggunakan efek-efek yang tidak bisa diciptakan di dunia nyata. Dibandingkan merekam ledakan asli, akan lebih murah, aman, dan efisien jika kita membuat animasi ledakan. Dengan kekuatan komputer sekarang, orang awam tidak akan bisa membedakannya. Berbagai film anak-anak dan film action sekarang mulai menggunakan efek komputer untuk meminimasi pengeluaran film.



WAHANA
Wahana-wahana permainan dari DuFan, Taman Mini, dan berbagai tempat rekreasi lainnya berasal dari simulasi militer, tapi ada perbedaan yang sangat signifikan. Simulator militer mengambil reaksi dari orang yang melakukan simulasi secara real-time, sementara wahana-wahana hanya bergerak sesuai gerakan yang sudah diatur. Roller Coaster dan permainan Laser di DuFan contohnya.

GAME SIMULASI
Game Simulasi merupakan representasi dan simulasi dari lingkungan dan keadaan yang sebenarnya. Game memberikan hasil interaksi antara pemain dan lingkungannya secara realistis. Meskipun game-game dengan genre ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan game casual lainnya, akhir-akhir ini mulai dikeluarkan game-game simulasi dengan tingkat kesulitan rendah, agar semua orang bisa memainkannya. Contoh terkenal game simulasi adalah The Sims, dimana kita me-manage orang virtual dan bagaimana mereka menjalankan kehidupan sehari-harinya.
Kemudian Simcity, dimana kita menjadi gubernur suatu kota dan kita meninjau perkembangan kota tersebut dari nol. Simulasi penerbangan dan simulasi balapan juga diubah ke dalam bentuk game.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Simulation

No comments:

Post a Comment